Perkenankanlah saya untuk memanjatkan puji syukur ke hadirat Sang Mahakasih sekalgus Sang Omnipoten karena telah melimpahkan belas kasih-Nya sehingga saya mendapatkan jabatan terhormat sebagai guru besar. Semoga saya selalu digunakan sebagai alat dalam karya penyelamatan-Nya dan diperkenankan sebagai lantaran terkabulnya doa semua orang yang berharap pada-Nya

Doa tersebut dipanjatkan tulus oleh Prof. Dr. dr. Y. Widodo Wirohadidjojo, Sp.KK (K) pada pidato pengukuhan jabatan guru besar Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada di Balai Senat Universitas Gadjah Mada. Dalam acara yang dilangsungkan pada hari Selasa, 28 November 2017 tersebut, Prof. Dr. dr. Y. Widodo Wirohadidjojo, Sp.KK (K) yang telah berkecimpung dalam dunia pendidikan dan penelitian dalam bidang dermatologi dan venereologi sejak lebih dari 37 tahun tersebut membawakan pidato berjudul “Aplikasi Sel Punca Kulit Dalam Praktik Klinis”.

Dalam pidatonya tersebut, Prof. Dr. dr. Y. Widodo Wirohadidjojo, Sp.KK (K) yang telah banyak melakukan penelitian dan publikasi mengenai sel punca dalam bidang dermatologi dan venereology tersebut tidak hanya menjelaskan mengenai pemanfaatan sel punca yang dapat diambil dari kulit manusia, namun beliau juga mengemukakan prospek aplikasi sel punca dalam masa mendatang bagi berbagai kondisi kelainan kulit. Saat ini terapi sel punca dalam dunia dermatologi banyak digunakan dalam vitiligo, luka bakar, ulkus kronis, kerusakan rambut, dan kulit keriput. Upaya untuk optimalisasi penggunaan sel punca dalam bidang kedokteran juga saat ini terus dilakukan, agar manfaatnya dapat dimaksimalkan dalam terapi berbagai penyakit di masa mendatang.

Dalam acara yang dihadiri oleh civitas akademika Universitas Gadjah Mada serta anggota Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (PERDOSKI) tersebut, dengan kerendahan hatinya, beliau tidak lupa mengucapkan terima kasih kepada guru-guru serta orang-orang yang telah berjasa dalam pencapaiannya sebagai guru besar. Selamat dan sukses selalu untuk guru kami, Prof. Dr. dr. Y. Widodo Wirohadidjojo, Sp.KK (K). Semoga senantiasa menjadi inspirasi bagi kita semua untuk bekerja dan berkarya.