Sebagai salah satu perguruan tinggi terbaik di Indonesia, Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan Universitas Gadjah Mada (FKKMK UGM) juga berkomitmen untuk menjalankan tri dharma perguruan tinggi di Indonesia yang salah satunya adalah penelitian guna pengembangan ilmu pengetahuan. Pusat Kedokteran Tropis (PKT) FKKMK UGM mendapatkan kepercayaan menjadi salah satu pusat pelatihan riset kesehatan yang di dalamnya termasuk pelatihan Good Clinical Practice (GCP) oleh WHO-TDR.

Pelatihan GCP ini telah dilaksanakan di Hotel Phoenix pada tanggal 4-6 Agustus 2022. Fasilitator acara ini terdiri dari individu yang ahli di bidangnya masing-masing seperti dr. Jarir At Thobari, Dpharm, PhD (Departemen Farmakologi dan Terapi FKKMK UGM) ; Prof. dr. Madarina Julia, PhD., Sp.A (Departemen Ilmu Kesehatan Anak FKKMK UGM); Dr. dr. Niken Trisnowati, Sp.KK(K) (Departemen Dermatologi dan Venereologi FKKMK UGM) dr. Dewiyani Indah W, PhD., Sp.PA (Departemen Patologi Anatomi); dr. Jonathan Hasian Haposan, MPH( Project Manager Pusat Kajian Kesehatan Anak FKKMK UGM); dan Muhammad Ridwan Ansari, M. Gizi (Pusat Kedokteran Tropis FKKMK UGM).

Materi yang dibawakan meliputi prinsip etik dan esnesi GCP, peran dan tanggung jawab komite etik, dokumen-dokumen esensial yang diperlukan, pembuatan Standard Operational Procedure (SOP), proses informed consent mengatur data, sistem manjemen kualitas, manajemen keselamatan, peran dan tanggung jawab monitor klinik, peran dan tanggung jawab investigator, serta peran dan tanggung jawab investigator. Selain sesi kuliah, pada pelatihan ini juga dilakukan suatu diskusi grup dan studi kasus.
Pelatihan ini dihadiri oleh 20 peserta yang terdiri dari 11 residen Departemen Dermatologi dan Venereologi FKKMK UGM, 4 peserta merupakan Dosen Departemen Dermatologi dan Venereologi FK-KMK UGM, dan 5 peserta lain berasal dari Universitas Padjajaran, Universitas Brawijaya, Universitas Sebelas Maret, dan Universitas Diponegoro.

Pelatihan berjalan dengan sangat baik dan peserta merasa puas dapat mendapatkan ilmu yang nantinya dapat diterapkan dalam jenjang karir mereka.