Sebagai bagian dari continuing medical education program, Departemen Dermatologi dan Venereologi FKKMK UGM mendapatkan kesempatan untuk bertukar ilmu melalui kegiatan Visiting Professor. Pada kegiatan Visiting Professor kali ini terdiri atas kuliah tamu, bimbingan bedside teaching, serta grand round.

Guest Lecture

Kuliah tamu atau yang sering disebut sebagai guest lecture ini mengusung tema “Neglected Tropical Disease” yang diselanggarakan pada tanggal 27 Juni 2022 di ruang kuliah lantai 3, gedung kuliah FKKMK UGM dan dilakukan secara hibrid baik melalui platform daring menggunakan Zoom ataupun luring.

Kuliah tamu ini mendatangkan 2 narasumber yang ahli di bidangnya yaitu Prof. Dr. dr. Hardyanto Soebono, Sp.KK (K) yang membawakan materi mengenai “Neglected Tropical Skin Diseases” serta Profesor William F. Faber, yang merupakan anggota Advisory Board, Netherland Leprosy Relieve yang membawakan materi “Lepra Bubalorum”

Neglected Tropical Disease sendiri merupakan kumpulan kurang lebih 20 penyakit yang tidak menjadi bagian dari tujuan penangangan medis di banyak negara. Salah satu penyakit yang masih menjadi permasalahan di Indonesia dan global adalah lepra. Yang menarik adalah, adanya kasus lepra bubalorum yang ditemukan pada kerbau dan bukti adanya pasien yang terlular dengan lepra setelah mandi di danau. Hal ini membuka pandangan baru tentang adanya kemungkinan mekanisme infeksi lain yang berbeda dari yang selama ini diketahui.

Kuliah tamu ini mendapatkan antusiasme yang baik dari civitas akademika yang tidak hanya dari Universitas Gadjah Mada melainkan dari berbagai universitas lain di Indonesia hingga mencapai 119 peserta. Tidak sedikit dari peserta yang merasa mendapatkan pemahaman baru terhadap neglected tropical skin diseases yang selama ini kurang mendapat perhatian. Diharapkan seluruh peserta dapat mempraktikan ilmu yang didapat dari kuliah demi peningkatan kesejahteraan kesehatan masyarakat Indonesia.

Bed Side Teaching

Selain sharing ilmu pada sesi kuliah tamu, Profesor Faber juga memberikan masukan dan pendapat pada pasien-pasien yang saat ini dirawat di bangsal Dermatologi dan Venereologi RSUP Dr. Sardjito. Pada kesempatan kali ini, residen menyampaikan penanganan pasien kepada Profesor Faber dan beliau memberikan masukan dan pemahaman baru dan hal ini dilakukan demi meningkatkan pelayanan terhadap pasien dengan menimba ilmu dari beliau.

Grand Round

Grand Round sebagai bagian dari kegiatan ilmiah rutin Departemen Dermatologi dan Venereologi FKKMK UGM dilakukan seminggu sekali dan biasanya dilakukan pada hari Jumat. Namun demikian, pada kesempatan emas saat ini, grand round yang membahas berbagai kasus dari setiap cabang ilmu DV dilakukan pada hari Selasa, 28 Juni 2022. Pada kegiatan grand round ini peserta didik PPDS Dermatologi dan Venereologi mendapatkan kesempatan menimba ilmu dari Prof. Dr. dr. Hardyanto Soebono, Sp.KK (K) dan Profesor William F. Faber.