Kamis, 5 September 2024 Departemen Dermatologi, Venereologi dan Estetika FK-KMK UGM dengan Departemen Ilmu Biomedik FK-KMK UGM diberikan kepercayaan untuk mengadakan Kuliah Tamu dengan Prof. Maurice van Steensel, M.D., Ph.D. Prof. Maurice yang merupakan ahli dalam bidang molekular genetika dermatologi memberikan kuliah mengenai ”Future Directions in Molecular Dermatology: Emerging Technologies and Trends”. Sementara dr. Flandiana Yogianti, Ph.D, Sp.D.V.E, Subsp.D.K.E dari Departemen Dermatologi, Venereologi dan Estetika FK-KMK UGM menjadi narasumber dalam materi ”Advanced Molecular Approaches to Understand and Treating Skin Disorders”. dr. Widya Widyastuti, M.Sc., M.Med.Ed., Ph.D dari Departemen Ilmu Biomedik FK-KMK UGM menjadi narasumber dalam materi “Unveiling the Complexities of Skin Health: The Roles of Microbiome and Epigenetics in Dermatology”.

Kegiatan kuliah tamu ini diadakan di ruang teater perpustakaan FK-KMK UGM pukul 08.00-12.00 WIB yang dihadiri staff dan residen Departemen Dermatologi, Venereologi dan Estetika FK-KMK UGM serta mahasiswa Departemen Ilmu Biomedik FK-KMK UGM. Materi-materi yang dipaparkan para narasumber membuka pandangan baru dan memberikan gambaran yang lebih jelas bagi peserta kuliah tamu terhadap masa depan deteksi dan pengobatan kelainan kulit yang semakin maju. Diskusi tanya jawab juga dilakukan untuk memberikan arahan lebih lanjut dan

Prof. Maurice van Steensel, M.D., Ph.D juga melakukan visitasi pada bangsal dan poliklinik Departemen Dermatologi, Venereologi dan Estetika Rumah Sakit Dr. Sardjito Yogyakarta pada Jumat, 6 September 2024. Setelah visitasi, Prof. Maurice van Steensel, M.D., Ph.D turut mengikuti kegiatan Grand Round bersama dengan staff dan residen Departemen Dermatologi, Venereologi dan Estetika FK-KMK UGM. Berbagai kasus kelainan kulit kelamin dan estetika dibahas bersama untuk menyelaraskan persepsi diagnosa dan mendapatkan strategi terapi yang tepat.

Pengalaman untuk bisa mendapatkan pandangan dari ahli biologi molekular yang bisa langsung melihat pasien bersama dan memberikan opini merupakan kesempatan yang sangat berharga. Dengan adanya serangkaian kegiatan ini, diharapkan bisa memberikan pembelajaran yang sangat berharga bagi para residen Departemen Dermatologi, Venereologi dan Estetika FK-KMK UGM. Prof. Maurice mengatakan, ”Banyak kasus-kasus yang bagus selama saya mengunjungi pasien di bangsal maupun di poli.” dr. Sri Awalia Febriana, M.Kes., Sp.DVE, Subsp.DAI, Ph.D, juga menambahkan, ”Dengan kunjungan Prof Maurice, kita dapat menambah pengetahuan bagaimana cara mereka mendiagnosis dan merawat pasien-pasien kita.”

Gambar 1. Kegiatan Prof Maurice saat grand round, mengunjungi poliklinik dan bangsal

Penulis: dr. Sarastia Alexandri Napitupulu, dr. Yosua Herdyanto

Editor: dr. Agnes Rosarina Prita Sari