Pada hari Sabtu, 29 Juni 2024 telah dilaksanakan pengabdian kepada masyarakat dengan judul “Inovasi Kopi Inklusif bersama Komunitas Tuna Netra dalam Mendukung Health Tourism” pada seluruh penyandang tuna netra Dria Manunggal. Salah satu staf Departemen DV, dr. Sri Awalia Febriana, M.Kes, Sp.DVE, Subsp.DAI, Ph.D, hadir dalam acara tersebut. Kegiatan ini melibatkan beberapa universitas lain di Indonesia, seperti Universitas Negeri Padang, Universitas Tanjungpura, Universitas Sumatera Utara, Universitas Abdurrahab, Politeknik Negeri Lampung, dan Politeknik Negeri Samarinda.

Inovasi Kopi Inklusif adalah proyek kolaboratif antara pengusaha kopi dan komunitas tuna netra yang
bertujuan untuk menciptakan produk kopi berkualitas tinggi sambil mempromosikan inklusi sosial.
Proyek ini juga bertujuan untuk mendukung sektor pariwisata kesehatan dengan memperkenalkan Kopi
Inklusif sebagai bagian dari pengalaman wisata yang holistic dengan sisi edukatif.

Terlaksananya acara ini diharapkan dapat memberikan pelatihan inovasi bisnis kopi untuk optimalisasi wirausaha komunitas tunanetra; mendorong inklusi sosial dan kesadaran masyarakat tentang keterampilan dan potensi anggota komunitas tuna Netra; mendukung sektor pariwisata kesehatan dengan menciptakan pengalaman yang edukatif dan menarik di kedai kopi; dan optimalisasi peran kopi inklusif dengan model multihelix, IPE, dan didukung AHS untuk menjadi destinasi wisata inklusi baru.

“Dengan adanya kegiatan ini, kita dapat meningkatkan peran AHS dalam mendampingi komunitas tuna Netra”, kata dr. Sri Awalia Febriana, M.Kes, Sp.DVE, Subsp.DAI, Ph.D. Selaku ketua panitia kegiatan, dr. Widyandana, MHPE, Ph.D., Sp.M(K), juga mengatakan, “Kami sangat menghargai tingginya antusiasme komunitas tuna netra Dria Manunggal dalam kegiatan ini”.

Gambar 1. Kegiatan pada pengabdian kepada Masyarakat pada Komunitas Tuna Netra Dria Manunggal

Penulis: Agnes Rosarina Prita Sari

Keyword: pengabdian kepada masyarakat, tuna netra, inovasi kopi inklusif, SDGs 4, SDGs 3, SDGs 17