Kemajuan pesat di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi telah membawa perubahan signifikan dalam berbagai disiplin ilmu, termasuk dalam bidang dermatologi, venereologi dan estetika. Dermatologi molekuler berfokus pada penelitian dan aplikasi teknologi yang memungkinkan kita untuk memahami bagaimana faktor-faktor genetik dan molekuler mempengaruhi kesehatan dan penampilan kulit.

Departemen Dermatologi dan Venereologi menjadi salah satu pemenang hibah visiting professor dan guest lecture tahun 2024. Sehubungan dengan hal tersebut, Departemen Dermatologi dan Venereologi FK-KMK UGM bekerja sama dengan PERDOSKI Cabang Yogyakarta telah mengadakan kegiatan webinar yang bertajuk “Innovations and Insights in Molecular Dermatology: Bridging Science and Skincare” dengan mengundang Prof. Maurice van Steensel, M.D., Ph.D dari Nanyang Technological University, Singapore. Webinar ini telah diselenggarakan pada hari Sabtu, 7 September 2024 dan disambut dengan antusiasme yang luar biasa, menarik lebih dari 1000 peserta yang terdiri dari dokter spesialis dermatologi, venereologi dan estetika, dokter umum, dan tenaga kesehatan lainnya yang ingin memperdalam pemahaman mereka tentang dermatologi molekuler.

Acara ini menghadirkan sejumlah pembicara ahli di bidangnya dengan materi yang menarik terbagi dalam 3 sesi, yaitu:

  1. Ethical Practice in Molecular Dermatology: Balancing Innovation and Professional Integrity
  2. Exploring Advances in Molecular Dermatology and Microbiome-based Skincare Innovations
  3. Integrating Exosome Therapy, Sensitive Skin Care, and Personalized Skincare in Molecular Dermatology

Kesuksesan webinar ini menunjukkan betapa pentingnya acara seperti ini dalam menyediakan akses ke informasi yang berharga dan terbaru di bidang dermatologi. “Tentu harapannya dengan ilmu yang kita dapatkan dari acara webinar ini kita dapat mengembangkan pengetahuan kita untuk memberikan perawatan yang paripurna untuk pasien kita maupun untuk masyarakat pada umumnya” ujar dr. Flandiana Yogianti, Ph.D, Sp.D.V.E, Subsp.D.K.E, selaku ketua panitia. Dengan antusiasme yang tinggi dan partisipasi aktif dari peserta, acara ini tidak hanya berhasil memenuhi tujuannya tetapi juga meninggalkan kesan yang mendalam bagi semua yang terlibat. Melihat antusiasme dan umpan balik positif yang diterima, diharapkan akan ada lebih banyak acara serupa di masa depan yang dapat terus mendukung pendidikan dan inovasi dalam perawatan kulit. Webinar ini menjadi contoh nyata bagaimana platform digital dapat dimanfaatkan untuk penyebaran ilmu pengetahuan dan pembelajaran yang bermanfaat bagi masyarakat luas.

Penulis: dr. Yosua Herdyanto, dr. Sarastia Alexandri Napitupulu

Editor: dr. Agnes Rosarina Prita Sari

Keywords: SDGs 3, SDGs 4, SDGs 17, visiting profesor, skincare, molecular dermatology

Gambar 1. Dokumentasi kegiatan Visiting Profesor