Menjalin kersama bersama dengan institusi di dalam maupun luar negeri merupakan salah satu agenda rutin Departemen Dermatologi dan Venereologi Fakultas Kedokteran UGM (FK UGM) dalam meningkatkan kualitas pelayanan, pendidikan dan penelitian. Salah satu bentuk kerjasama tersebut diwujudkan dengan mengundang pakar-pakar dermatologi yang telah banyak berkontribusi dalam bidangdermatologi dan Venereologi di dunia.
Pada bulan Mei 2017, Prof. dr. William R. Faber dari Department of Dermatology Academic Medical Center (AMC), University of Amsterdam, Belanda,  hadir untuk memberikan kuliah pakar di Departemen Dermatologi dan Venereologi FK UGM. Selain memberikan kuliah pakar mengenai neglected tropical diseases bagi PPDS Kulit dan kelamin maupun spesialis kulit dan kelamin di area Jogjakarta, profesor yang telah memiliki banyak pengalaman riset di dermatologi, khususnya dermatologi tropis dan lepra, juga turut memberikan advis bagi pelayanan di poliklinik dan bangsal kulit dan kelamin RSUP Dr. Sardjito, Yogyakarta.
Kedatangan Prof. dr. William R. Faber ini bukan kali pertama, karena beberapa kali sebelumnya beliau telah mengunjungi Departemen Dermatologi dan venereologi FK UGM untuk membagikan ilmunya bagi pendidikan dokter spesialis kulit dan kelamin serta pelayanan kesehatan kulit dan kelamin di FK UGM. Kegiatan kunjungan pakar dalam dermatologi ini diharapkan dapat berlangsung secara rutin dan menjadi agenda tahunan Departemen Dermatologi dan Venereologi FK UGM untuk meningkatkan wawasan secara global serta kualitas pendidikan dan penelitian dalam bidang dermatologi.