Telah dilaksanakan Annual Scientific Meeting 2022 Pokja DV dalam bentuk webinar dengan topik   “Terobosan Pelayanan dan Pendidikan Dermatologi dan Venereologi pada Era Digital”. Acara ini dilakukan sesuai dengan protokol kesehatan pada tanggal 27 Maret 2022.

Memasuki dunia baru pada industri 4.0 telah mendorong perubahan yang signifikan dalam berbagai bidang termasuk bidang kesehatan. Salah satu perubahan yang terjadi adalah transformasi sistem pelayanan dan pendidikan kesehatan menjadi serba digital. Dengan adanya digitalisasi telah membawa kemudahan untuk masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan berbasis aplikasi yang terintegrasi. Meskipun demikian, adopsi digitalisasi pada bidang kesehatan tidak berjalan semulus itu. Berbagai kendala terkait regulasi pemerintah, etika kedokteran, dan keterbatasan pelayanan menjadi tantangan dalam mewujudkan hal tersebut.

Ditengah kemajuan teknologi yang mengarah pada digitalisasi bidang pelayanan dan pendidikan kesehatan, peran manusia (humanisasi) tetap tidak tergantikan. Salah satu contohnya adalah di bidang regenerative medicine yang menggunakan prinsip biomaterial, rekayasa jaringan, transplantasi sel punca, dan tindakan berbasis energi untuk menggantikan atau meregenerasi jaringan serta memulihkan fungsinya. Regenerative medicine berpotensi menjadi pengobatan masa depan yang membutuhkan kompetensi dan keahlian manusia.

Peran manusia (klinisi) juga diperlukan untuk clinical judgement dalam kasus-kasus yang kompleks atau berpotensi menjebak. Oleh karena itu, sebagai klinisi kita tetap harus menguasai pengetahuan dasar yang kuat dalam mendiagnosis dan menentukan terapi untuk pasien. Dewasa ini masih sering terjadi kesalahan dalam mendiagnosis penyakit kulit dan kelamin, karena banyak penyakit kulit dan kelamin yang secara klinis saling menyerupai. Dengan demikian perlu ada penyegaran tentang berbagai jebakan (pitfalls) dan poin-poin penting (pearls) diagnosis penyakit kulit yang sering ditemukan dalam bidang anak, alergi, infeksi tropis, dan infeksi menular seksual.

Berdasarkan hal tersebut, maka Departemen Dermatologi dan Venereologi FKKMK UGM bersama Perdoski cabang Yogyakarta bermaksud menyelenggarakan Annual Scientific Meeting dalam bentuk webinar dengan topik   “Terobosan Pelayanan dan Pendidikan Dermatologi dan Venereologi pada Era Digital”. Webinar ini akan diselenggarakan secara nasional dengan menghadirkan pakar dalam bidang Dermatologi dan Venereologi yang ditujukan bagi dokter spesialis kulit dan kelamin (spesialis dermatologi dan venereologi) serta dokter umum dengan harapan dapat meningkatkan kompetensi dokter spesialis khususnya spesialis dermatologi dan venereologi serta dokter umum.

Sesi 1. Perkembangan Dermatologi dan Venereologi pada Era Digital

Moderator: Dr. dr. Niken Trisnowati, M.Sc, SpKK(K)

  1. Aspek Etik dan Legal dalam Digitalisasi Pelayanan dan Pendidikan Kesehatan

Pemateri: Prof. Dr. dr. Hardyanto Soebono, Sp.KK(K)

  1. Terobosan Pelayanan dan Pendidikan Dermatopatologi pada Era Digital

Pemateri: dr. Hanggoro Tri Rinonce, Sp.PA(K), Ph.D

  1. Digitalisasi dalam Bidang Pelayanan Kesehatan: Potensi Pengembangan dalam Bidang Dermatologi dan Venereologi

Pemateri: Surahyo Sumarsono, B.Eng, M.Eng, Sc

Sesi 2. Regenerasi Kulit

Moderator: dr. Arief Budiyanto, Ph.D, Sp.KK(K)

  1. Terobosan di Bidang Regenerasi dan Rejuvenasi Kulit

Pemateri: dr. Flandiana Yogianti, Ph.D, Sp.DV

  1. Perkembangan Terkini Regenerasi dan Rejuvenasi Kulit Berbasis Sel Punca dan Produknya

Pemateri: Prof. Dr. dr. Yohanes Widodo Wirohadidjojo, Sp.KK(K)

  1. Update Regenerasi dan Rejuvenasi Kulit berbasis energi (energy based device)

Pemateri: dr. Ni Putu Ary Widhyasti Bandem, Sp.KK, M.Kes

  1. Pengalaman Tindakan Bedah untuk Regenerasi dan Rejuvenasi Kulit

Pemateri: dr. Nur Fitri Astuti, M.Sc, Sp.KK

Sesi 3. Pitfall and Pearl in Dermatology and Venereology

Moderator: dr. Devi Artami Susetiati, M.Sc., Sp.KK(K)

  1. Pitfall and Pearl dalam Bidang Infeksi Menular Seksual

Pemateri: Dr. dr. Wresti Indriatmi, M.Epid., Sp.KK(K)

  1. Pitfall and Pearl dalam Bidang Dermatologi Tropis

Pemateri: dr. Agnes Sri Siswati, Sp.KK(K)

  1. Pitfall and Pearl dalam Bidang Dermatologi Anak

Pemateri: Prof. Dr. med. dr. Retno Danarti, Sp.KK(K)

  1. Pitfall and Pearl dalam Bidang Dermato-Alergi-Imunologi

Pemateri: dr. Sri Awalia Febriana, M.Kes., Sp.KK(K), Ph.D